• text untuk iklan
    Sukseskan Pilgub Jateng
  • titel 2
    Banner yang ke 2
  • judul3
    ini adlah tempat iklan 3
  • Judul iklan ke 4
    Gambar mic

Pati, Kota – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati menyatakan dua partai politik lama tidak memenuhi syarat dalam verifikasi di tingkat Kabupaten Pati. Sementara empat partai politik pendatang baru justru melenggang. Memenuhi syarat atau tidaknya parpol calon peserta Pemilu 2019, tergantung dari hasil verifikasi KPU di tingkat nasional.

Dua parpol yang tidak memenuhi syarat di tingkat Kabupaten Pati itu, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Hal itu terungkap, dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penelitian administrasi dan verifikasi kepengurusan, keterwakilan perempan, domisili kantor, dan keanggotaan parpol calon peserta Pemilu 2018 tingkat Kabupaten Pati, di Gitrary Perdana Hotel Pati, Kamis siang (8/2).
Menurut Ketua KPU Kabupaten Pati Muhammad Nasich, ketidaklolosan kedua parpol tersebut, karena dalam verifikasi faktual belum mampu memenuhi ketentuan yang dipersyaratkan sesuai Peraturan KPU.
“Jadi dua parpol itu di Kabupaten Pati dinyatakan tidak memenuhi syarat. Ada beberapa hal yang menjadi ukuran, yaitu kepengurusan, keterwakilan perempuan 30%, domisili kantor, dan jumlah minimal keanggotaan minimal 1000 atau permil dari jumlah penduduk Kabupaten Pati,” katanya.
Muhammad Nasich menjelaskan, PKPI dinyatakan tidak memenuhi syarat karena pimpinan parpol tidak mengantongi Kartu Tanda Anggota (KTA). Karena, ketika KPU memverifikasi ke sekretariat parpol bersangkutan, Ketua, Sekretaris dan Bendahara parpol harus mampu menunjukkan KTA. Namun tidak demikian dengan kepengurusan PKPI. Ketika diverifikasi jajaran kepengurusan tidak memiliki KTA.
Menanggapi hasil rekapitulasi yang menyatakan partainya belum memenuhi syarat, Ketua DPC PKPI Kabupaten Pati, Suharno mengatakan, hal itu terjadi karena ada dua data sistem data partai politik (sipol) yang berbeda.
“Ketua kok sampai tidak mempunyai KTA, itu karena sipol-nya ada dua. Yang satu dari Yogyakarta memang tidak ada persyaratan itu. Tapi setelah sipol dari pusat itu ada. Dan sekarang sudah punya KTA, tapi sudah telat,” tutur Suharno.
Meski belum memenuhi syarat di tingkat Kabupaten Pati, namun Ketua DPC PKPI Pati Suharno berharap, partainya tetap bisa lolos hingga ditingkat pusat.
Ketua KPU Kabupaten Pati Muhammad Nasich, karena parpol sifatnya nasional. Selama secara nasional dinyatakan memenuhi syarat, maka parpol bersangkutan bisa mengikuti pencalonan legislatif dari DPR RI, DPRD Provinsi hingga DPRD Kabupaten/Kota.(•)

Joomla templates by a4joomla