Pati, Sukolilo – Hujan yang turun beberapa hari terakhir di wilayah Kecamatan Sukolilo, menggenangi puluhan rumah warga di Desa Kasiyan. Bahkan, ketinggian air di jalan penghubung antar kabupaten juga sudah mulai tergenang, meski kendaraan roda dua maupun roda empat masih dapat melintasi.
Puluhan rumah warga yang tergenang banjir itu, berada di Dukuh Pengging yang merupakan daerah langganan banjir.

Kades Kasiyan Kecamatan Sukolilo, Rumaji mengatakan, banjir yang mulai menggenangi rumah-rumah warga itu terjadi sejak tiga hari terakhir. Namun warga di daerah itu masih tetap bertahan meski ketinggian air yang menggenangi rumah-rumah mereka, terus bertambah.
“Untuk sementara belum ada yang mengungsi. Kejadian sudah tiga hari ini. Masih bertahan di rumah,” tuturnya.
Ketinggian air didalam rumah ketinggian air, hingga sekarang sudah mencapai antara 40 cm – 60 cm. Sedang untuk jalan akses dari Sukolilo ke Kudus dan sebaliknya ketinggian sudah setinggi lutut orang dewasa.
Untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk akibat banjir, tutur Rumaji, dari lingkungan atau Pedukuhan Pengging sudah mempersiapan kelengkapan untuk evakuasi warga, menuju ke tempat yang aman. Seperti perahu dan tempat pengungsian.
“Untuk perkembangan berikutnya, bila nanti ada ketinggian air bertambah, perahu-perahu sudah kita siapkan,” tuturnya.
Pemerintah Desa, tutur Kades Kasiyan Rumaji, sudah melaporkan kejadian tersebut, baik ke PMI, Dinas Sosial, maupun ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati.
Kades Kasiyan Kecamatan Sukolilo Rumaji, total rumah warga yang tergenang di Dukuh Pengging sejumlah 27 unit, yang dihuni 96 Kepala Keluarga, dengan 111 jiwa, terdiri dari 96 orang dewasa, 9 balita, dan 6 lansia.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla