Perjuangkan Nasib Petani Singkong Di Pati, Firman Soebagyo Surati Wapres

Pati - Keluh kesah petani singkong di Kabupaten Pati,  sedikit demi sedikit mulai menemukan jalan terang. Setelah aspirasi yang mereka sampaikan kepada Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI, Firman Soebagyo, mendapat respon positif dari Wakil Presiden, HM. Jusuf Kalla.

Kepada radio PAS, Jumat (7/7), Firman Soebagyo yang juga Ketua Umum Ikatan Keluarga Kabupaten Pati mengatakatan, aspirasi DPR RI yang disampaikan kepadanya itu, berawal dari keluhan ratusan petani singkong di Kabupaten Pati yang mengalami kerugian hingga Rp.200 milyar. Ini, diakibatkan anjloknya harga singkong di pasaran dari Rp.2.600/Kg turun menjadi Rp.600/Kg.
“Anjloknya harga singkong tersebut, memang disebabkan import tepung tapioka dari Vietnam. Ini yang membuat saya tidak bisa tinggal diam.  Dan ketika reses, saya cross check dan ketemu dengan Beni Nurhadi, Ketua Asosiasi Petani Singkong Kabupaten Pati, ternyata benar. Kebijakkan import tepung tapioka yang semula 24 ribu ton, pada awal 2017, importnya menjadi 4 kali lipat,” tuturnya.
Dari situ lah, kata Firman Soebagyo, dia mengirimkan surat aspirasi DPR RI kepada Wakil Presiden HM. Jusuf Kalla, yang juga seniornya di Partai Golkar. Dalam surat itu, dia meminta agar Wapres HM. Jusuf Kalla dapat memonitor dan memerintahkan Kementerian Perindustrian, Perdagangan dan Pertanian, untuk dapat mengatur dan memprioritaskan tepung tapioka produk  dalam negeri/petani lokal  dibanding dengan produk import.
“Alhamdulillah berkat keyakinan dan kepercayaan dari ratusan petani singkong yang telah mempercayai saya untuk mengawal proses ini, kemarin 22 Juni 2017 menjelang lebaran, telah terbit surat yang dikeluarkan oleh Kepala Sekretaris Wakil Presiden yang di tujukan pada Menteri Perindustrian, agar lebih memperhatikan produk singkong lokal,” terangnya.
Wakil Baleg DPR RI, yang juga Ketua Umum IKKP, Firman Soebagyo menegaskan, keluhan petani terutama di daerah pemilihan yang diwakilinya menjadi tanggungjawab moral dan sosial politik untuk selalu memperjuangkan kepentingan rakyat, untuk mencapai kesejahteraan rakyat. (•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla