DPRD Pati Rapat Koordinasi Bahas Permasalahan Pupuk

Pati, Kota – Belakangan ini petani pengguna kartu tani di Kabupaten Pati mengeluh kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi. Padahal kuota pupuk yang diusulkan melalui rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK) ke Pemerintah, dinilai sudah mencukupi. Untuk itu, DPRD bersama dinas-dinas terkait menggelar rapat koordinasi membahas permasalahan terkait kesulitan pupuk yang dialami petani.

Petani di Kabupaten Pati mengeluh kesulitan menebus pupuk bersubsidi. Padahal mereka merupakan petani yang sudah terakses di Sistem Managemen Pertanian Indonesia (Simpi), masuk daftar RDKK, dan pengguna kartu tani. Adanya kesulitan menebus pupuk itu, DPRD langsung bergerak menggelar rapat koordinasi dengan mengundang Dinas Pertanian dan Dinas Perdagangan Perindustrian Kabupaten Pati, Selasa (6/3).
Diwawancara usai rakor di ruang rapat gabungan, Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badruddin mengatakan, dalam rakor itu pihaknya meminta keterangan dari kedua dinas terkait, untuk menjelaskan adanya kesulitan petani mendapatkan pupuk bersubsidi. “Hari ini rapat dengar pendapat atau rapat koordinasi terkait dengan kesulitan pupuk yang didapatkan oleh petani. Tentunya kami selaku pimpinan DPRD bersama koordinator Komisi B dan DPRD Kabupaten Pati meminta keterangan baik dari dinas terkait dalam hal ini Dinas Pertanian kemudian para distributor dan PPL se-Kabupaten Pati. Bagaimana keluhan masyarakat apa yang menjadi kendala masyarakat untuk mendapatkan pupuk ini khususnya pupuk bersubsidi,” katanya.
Dari keterangan Kepala Dinas Pertanian Mukhtarr Effendi bersama Petugas Penyuluh Lapang (PPL), tutur Ketua DPRD, prosedur penyaluran pupuk sudah benar. Hanya saja, kesadaran masyarakat terkait kartu Tani belum sepenuhnya. Tapi, disisi lain, DPRD maupun Pemkab Pati bisa memahami penerapan kartu tani butuh waktu dalam pelaksanaan program pemerintah tersebut. “Perlu waktu perlu proses. Akan tetapi yang terpenting masyarakat ataupun petani ini harus mendapatkan kebutuhannya, terkait dengan kebutuhan pupuk untuk pertanian di Kabupaten Pati,” jelasnya.
Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badruddin berharap, para petani bisa mendapatkan pupuk dengan mudah. Baik bagi petani yang sudah memegang kartu tani, maupun yang belum memiliki kartu tani bisa mencukupi kebutuhan pupuknya.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla