Ratusan Warga Desa Jatiroto Berebut Berkah Sedekah Bumi

Pati, Kayen – Ratusan warga di salah satu desa di Kecamatan Kayen, berebut berkah, saat digelar tradisi sedekah bumi. Mereka rela berdesak-desakan untuk mendapatkan nasi kuning yang diyakini dapat memberikan berkah.
Rebutan berkah berupa nasi kuning oleh ratusan warga itu, saat berlangsung sedekah bumi di Dukuh Jabung Desa Jatiroto Kecamatan Kayen, Minggu sore kemarin (18/3). Rebutan nasi kuning itu berlangsung di usai menggelar doa bagi arwah Ki Bagus Kuncung (Ki Haji Metaram), dan keselamatan warga di halaman Makam leluhur desa setempat.

Salah seorang pengunjung Sri Wahyuni mengaku, dia rela untuk berdesak-desakan dan datang di halaman Makam Leluhur sejak pagi hari, untuk mendapat nasi kuning. Dia meyakini nasi kuning yang diperoleh dan dimakan bersama keluarganya, akan memberikan keberkahan dan keselamatan bagi keluarganya. “Ini tadi rebutan nasi kuning, agar keluarga mendapatkan keselamatan dan jauh dari marabahaya. Dan kita suapkan kepada anak-anak, agar mereka kelak menjadi anak yang berbakti kepada orang tua,” katanya.
Menurut Kades Jatiroto Kecamatan Kayen Rahmad Eko Wahyudi mengatakan, tradisi sedekah bumi, yang puncak acaranya digelar rebutan nasi kuning itu, merupakan rangkaian acara Haul Ki Bagung Kuncung atau Ki Haji Metaram, yang merupakan leluhur desa setempat. Penyelenggaraan haul sendiri, berlangsung setiap bulan rajab. “Ini merupakan tradisi warga desa. Dan rebutan nasi kuning tersebut, dengan harapan setelah mendapat nasi kuning warga desa mendapatkan berkah,” kata Kades.
Acara tradisi setahun sekali itu, dalam penyelenggaraannya, senantiasa dihadiri Pengagen Sasana Wilapa Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo. Dan penyelenggaraan tahun ini yang hadir Gusti Kanjeng Ratu Wandan Sari.(●)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla