Kodim Pati Gelar Apel Bersama Antisipasi Penanggulangan Bencana Kebakaran Kapal

Juwana –  Kodim 0718/Pati menggelar apel bersama antisipasi penanggulangan bencana kebakaran kapal, di lapangan ujung Desa Bajomulyo Kecamatan Juwana, Rabu pagi (19/7).  Dalam apel bersama itu,  dilakukan simulasi pemadaman kebakaran kapal di alur Sungai Silugonggo. Dua kali peristiwa kebakaran kapal motor nelayan di alur Sungai Silugonggo Kecamatan Juwana, menggugah Kodim 0718/Pati bersama pihak terkait lainnya, untuk menggelar apel bersama antisipasi penanggulangan bencana kebakaran kapal.

Pasi Ops Kodim 0718 Pati Kapt.Inf. Suryani mengatakan, penyelenggaraan apel bersama penanggulangan bencana memerlukan kesiapsiagaan penanganan secara sistematis, terpadu dan terkoordinir. Yakni untuk membantu memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman dan resiko bencana.
“Salah satu upaya adalah meminimalisir korban bencana adalah memobilisasi Tim SAR melalui kegiatan pelatihan menghadapi bencana dilapangan.
Kapt. Inf. Suryani menambahkan, tim SAR merupakan penggerak awal kejadian bencana dan mendukung kegiatan operasional penanggulangan bencana meliputi bantuan manajemen, tehnis, peralatan dan dukungan logistik. Disamping bertugas membuka dan menganalisa berbagai situasi di daerah bencana untuk mencari informasi.
Kapolsek Juwana AKP Sumarni, SH mengatakan, kebakaran kapal yang terjadi dua kali dalam waktu yang berdekatan, perlu adanya upaya-upaya penanggulangan. Khususnya kebakaran kapal, yang lokasinya tidak dapat dijangkau armada pemadam kebakaran.
“Kami prihatin dengan adanya kejadian kemarin yang menimpa saudara-saudara kita (nelayan). Diharapkan dengan simulasi ini dapat meningkatkan kemampuan anggota Tim SAR dalam penanggulangan bencana khususnya kebakaran kapal,” terangnya.
Usai apel bersama dilanjutkan dengan simulasi sebagai uji kemampuan dari Tim SAR di alur Sungai Silugonggo, dengang dukungan kapal pemadam kebakaran modifikasi Kodim 0718/Pati,  2 armada pemadam kebakaran, dan 1 armada water canon Polres Pati. Untuk memaksimalkan koordinasi dalam penanganan kebakaran, pada apel bersama juga dilakukan pembagian tugas dan pembentukan tim.  Yakni,  tim pemadam, tim SAR, tim Pengamanan Lokasi, tim pengamanan jalur (Satlantas), tim evakuasi  yang terdiri dari TNI, Polri dan relawan, tim lokalisir yang terdiri dari Keamanan Laut dan Polisi Perairan, serta  tim pengamanan barang dan kapal yang  terdiri dari Sat Sabhara dan Pol Air.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla