• text untuk iklan
    Sukseskan Pilgub Jateng
  • titel 2
    Banner yang ke 2
  • judul3
    ini adlah tempat iklan 3
  • Judul iklan ke 4
    Gambar mic

Pati, Kota – Belum seluruhnya satuan pendidikan setingkat SLTP di Pati pada tahun ini, dapat melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sekolah yang belum terjangkau dengan layanan internet, dan jauh dari jaringan listrik, ujian nasionalnya masih menggunakan pensil dan kertas (UNPK).
Sebagian kecil sekolah setingkat SLTP di Kabupaten Pati, masih mempertahankan pelaksanaan Ujian Nasional Pensil dan Kertas (UNPK). Meski hampir seluruh sekolah di Pati telah beralih dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati Suwarno mengungkapkan, sekolah yang hingga tahun ini belum bisa menyelenggarakan UNBK, bukan karena ketiadaan komputer dan ruangan. Tapi lebih pada sarana dan prasarana penunjangnya. Seperti ketiadaan jaringan internet dan jaringan listrik. “Tinggal 1 untuk yang negeri itu di SMP Negeri 2 Sukolilo ditambah Sekolah Satu Atasp (Satap), dan SMP terbuka yang memang tidak memungkinkan untuk sarana dan prasaranya yang belum mencukupi,” jelasnya.
Suwano menambahkan, kecuali sekolah penyelenggara UNPK, persiapan seluruh SMP di Pati penyelenggara UNBK,  sudah 100% selesai. Tinggal pelaksanaan dan penyelenggaraannya saja, karena sarana prasarana telah dipersiapkan semuanya. “Semuanya sudah mendekati final dan beres. Enggak ada masalah, seperti yang IT sudah disiapkan semua, kemudian untuk antisipasi listrik kalau mati gensetnya juga sudah disiapkan. Operatornya juga berkali-kali dilatih, murid-muridnya juga sudah berkali-kali dilatih untuk mengerjakan soal berbasis komputer. Sehingga, tidak ada masalah,” tuturnya.
Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati Suwarno berharap, pelaksanaan UNBK mupun UNPK tingkat SMP di daerahnya, dapat berjalan lancar.(●)

Joomla templates by a4joomla