Disdikbud Bantah Dikatakan Penyerapan Anggaran Minim

Pati, Kota – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati membantah minim dalam penyerapan anggaran. Karena selama triwulan pertama, sudah banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh dinas yang mengurusi pendidikan dan kebudayaan tersebut.
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati telah banyak mengerjakan proyek atau kegiatan, dalam penyerapan anggaran. Hanya saja surat pertanggungjawaban (SPJ) terkait pelaksanaan program yang direncanakannya masih dalam proses.

Usai mengikuti rapat koordinasi evaluasi PAD triwulan I, di ruang rapat Pragola Setda Pati, Senin kemarin (16/4/2018), Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati Suwarno mengatakan, sudah banyak program dan kegiatan yang sudah dilaksanakan, hanya saja untuk pertanggunjawabannya, kini masih dalamp proses. Sehingga terkesan penyerapan anggaran yang dialokasikan Disdikbud masih nol persen. “Sebetulnya sudah banyak yang dikerjakan, tetapi SPJ-nya masih proses, itu begitu.  Nah, para bendahara kegiatan kemarin sebelum Maret pada takut terkait dengan pembayarannya, karena yang dulu tunai menjadi non tunai.  Untuk kendala lainnya tidak ada,” tuturnya.
Plt Kepala Disdikbud Kabupaten Pati menambahkan, untuk sekarang ini penyerapan anggaran sudah tinggi.  Memasuki April, bendahara sudah mulai berani membayarkan pembiayaan program maupun kegiatan yang sudah terlaksana, dan sudah mulai di-SPJ-kan. “Sekarang  kegiatan sudah berjalan lancar dan itu nanti anggaran akan terserap semua, saya yakin itu. Kecuali yang gagal lelang. Tahun kemarin juga sama, pada awal-awal juga begitu, tahun-tahun kemarin awal tahun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agak lambat. Karena, yang bisa dikerjakan pada awal-awal tahun itu hanya sosialisasi, pelatihan hanya itu saja,” jelasnya
Plt Kepala Disdibud Kabupaten Pati Suwarno mengakui, khusus untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) memang belum terserap. Karena masih menunggu petunjuk teknis (Juknis), atau menunggu proses lelang.  Alokasi anggaran untuk Disdikbud akan terserap semua, pada triwulan III dan triwulan IV, kecuali tidak ada gagal lelang.(●)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla