Disdukcapil Janji Tuntaskan Pencetakan e-KTP

Pati, Kota – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pati berjanji akan menuntaskan pencetakan e-KTP. Terutama  bagi puluhan ribu warga yang saat ini masih memegang bentuk Surat Keterangan (Suket). Penerbitan itu, agar warga yang memiliki hak pilih, bisa menggunakan hak politiknya pada Pilkada Jawa Tengah 2018 ini.
Warga Kabupaten Pati yang memiliki hak pilih pada Pilkada Jawa Tengah, namun belum ber-eKTP sekitar 30ribuan orang. Untuk sementara mereka sekarang ini, memegang surat keterangan (Suket) sebagai bukti mereka telah melakukan perekaman data e KTP.

Pada rakor persiapan Pilkada Jateng 2018 dan Pemilu 2019 di ruang rapat Pragola Setda Pati, Senin lalu (17/4/2018), Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Rubiyono berjanji, akan menuntaskan penerbitan eKTP bagi warga Pati, agar pada saat pencoblosan mereka tetap bisa menggunakan hak pilihnya. “Untuk data surat keterangan (suket) yang dikirim KPU ke Disdukcapil ada sekitar 30ribuan. Ini nanti akan segera kami selesaikan. Karena ini, blangko sudah mulai lancar, sehingga 1 hingga 2 bulan sudah mencukupi.Namun, khususnya yang belum merekam data sejumlah 8.593 ini kebanyakan dari pemilih pemula,” tuturnya.
Khusus untuk pemilih pemula, kata Rubiyono, pihaknya telah menyisir di sejumlah sekolah maupun pondok pesantren. Hasilnya lebih banyak ketimbang, ke desa-desa, karena kesadaran masyarakat untuk rekam data eKTP masih rendah. “Sebetulnya Bupati sudah membuat edaran kepada Camat maupun Kades. Yaitu edaran tertanggal  24 Maret 2018 tentang percepatan perekaman eKTP. Namun hasilnya belum maksimal,” kata Rubiyono.
eKTP atau surat keterangan (suket) yang diterbitkan Disdukcapil nantinya menjadi syarat, bagi pemilih saat hendak mencoblos di TPS pada saat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, 27 Juni mendatang. Selain, surat undangan pemberitahuan (C-6) dari KPU.(●)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla