Cetak
Dilihat: 1773

Pati, Kota – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018. 1juta 12ribu 566 warga Pati masuk dalam DPT yang ditetapkan KPU, pada Kamis petang kemarin (19/4).
KPU Kabupaten Pati menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah di wilayahnya itu, dalam rapat pleno. Selain unsur Komisioner KPU, rapat pleno itu juga melibatkan Disdukcapil, Komisioner Panwaskab, tim kampanye paslon, serta PPK se Kabupaten Pati.

Ketua KPU Kabupaten Pati Muhammad Nasich mengatakan, daftar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan tersebut merupakan hasil pencermatan data pemilih yang diunggah di Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih). “Dari hasil rapat pleno, kita sudah menetapkan DPT Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018, sejumlah 1.012.566 pemilih. Jadi, ada penurunan. Tapi memang kondisi riilnya seperti itu,” jelasnya.
Menurut Muhammad Nasich, jumlah pemilih di DPT berkurang dari jumlah pemilih di DPS. Karena data pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018, lebih selektif dan lebih ketat. Sehingga pada saat pencocokan dan penelitian, bila ada data pemilih ganda, seketika itu juga harus pastikan. Agar yang bersangkutan memilih di satu TPS yang dipilihnya. “Jadi kalau mereka ada di luar TPS tidak kita masukkan. Termasuk pemilih-pemilih yang tidak ada di data Sistem Informasi dan Administrasi Kependudukan (SIAK) Disdukcapil, kita coret. Sehingga memang data pemilihnya turun dibandingkan dengan pada saat kita melaksanakan rapat pleno DPS kemarin,” jelasnya.
Ketua KPU Kabupaten Pati Muhammad Nasich menjelaskan, setelah penetapan DPT, nantinya akan ada proses pemeliharaan data, hingga sampai waktu pungutan suara. DPT Pilkada Jateng ini, juga akan dipakai untuk database Pemilihan Umum 2019.(●)

0
0
0
s2smodern
powered by social2s