300an Pelajar SMK Di Pati Uji Kompetensi BNSP

Pati, Margorejo – Ratusan pelajar SMK di Kabupaten Pati mengikuti uji kompetensi teknik kendaraan ringan (TKR) oleh Badan Nasional Sertifikasi Pendidikan (BNSP). Uji kompetensi yang nantinya menjadi pegangan bagi lulusan SMK untuk bersaing di dunia kerja itu, berlangsung di tiga tempat uji kompetensi (TUK) yang ada di tiga SMK.

Ada tiga ratusan pelajar dari tiga SMK di Kabupaten Pati yang mengikuti uji kompetensi keahlian oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP-PI) BNSP. Untuk uji kompetensi teknik kendaraan ringan 3 SMK di Pati ini mengambil 15 paket, yang masing-masing paket 20 peserta. “Jadi program ini, adalah sebenarnya program stimulan dari BNSP dengan harapan memenuhi dari instruksi Presiden No 9/2016.  Ada tiga hal yang perlu dilakukan BNSP. Yakni mempercepat standar kompetensi bagi lulusan SMK, mempercepat sertifikasi kompetensi bagi PTK SM, serta mempercepat lisensi LSP P1,” demikian Ketua LSP-P1  BNSP SMK Negeri 2 Pati Ngarpani SPd MSi, saat Saat menguji dan mengawasi 160 siswa di tempat uji kompetensi teknik kendaraan ringan (TKR) SMK Negeri 2 Pati,  Sabtu pagi (21/4/2018).
Ngarpani SPd MSi mengatakan, uji kompetensi ini merupakan bagian dari penyiapan tenaga kerja dalam negeri menghadapi era masyarakat ekonomi Asean. Bagi mereka yang kompeten saat uji kompetensi, berhak mendapat sertifikat  berlogo garuda. Ini, untuk membantu siswa mendapatkan lapangan pekerjaan dengan kompetensi yang memadai.
“Sertifikat berlogo Garuda ini akan mendapat pengakuan dari negara-negara Asean. Karena BNSP sudah melakukan perjanjian kesamaan sertifikasi 10 negara Asean. Sehingga, sertifikat yang dikeluarkan BNSP itu diterima oleh 10 negara yang lain, demikian sebaliknya. Karena kita tahu bahwa ketika anak-anak melakukan rekruitme, praktik itu tidak diuji. Hanya dilihat dari sertifikat yang dimiliki,” jelasnya.
Ketua LSP-P1  BNSP SMK Negeri 2 Pati Ngarpani SPd MSi mengatakan, selain di SMK Negeri 2 Pati, LSP P1 BNSP juga menguji kompetensi teknik kendaraan ringan terhadap 80 pelajar di SMK Bani Muslim Pati, dan 60 pelajar di SMK Permata Nusantara Gabus.(●)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla