Cetak
Dilihat: 1361

Pati, Kota – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati mulai mensosialisasikan pendaftaran dan verifikasi pencalonan bagi masyarakat yang ingin mencalonkan diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Bersamaan dengan kegiatan itu, KPU juga menyampaikan Daerah Pemilihan (Dapil) Pemilu 2019 di Kabupaten Pati.
Sejak sekarang KPU telah membuka kesempatan bagi warga masyarakat untuk dapat mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI. Dengan pertimbangan sempitnya waktu, KPU Kabupaten Pati mensosialisasikan pendaftaran dan verifikasi pencalonan anggota DPD RI.  

“Karena waktunya sudah sangat dekat, dan ini sebetulnya sudah mulai dari sekarang, kita sosialisasikan kepada tokoh-tokoh masyarakat di Kabupaten Pati. Barangkali ada yang berminat menjadi calon anggota DPD RI di Jawa,” demikian Ketua KPU Kabupaten Pati Muhammad Nasich, usia membuka kegiatan sosialisasi pendaftaran pencalonan DPD RI di Hotel Pati, Senin siang (23/4/2018).
Bersamaan dengan acara itu, KPU Kabupaten Pati juga mensosialisasikan penetapan daerah pemilihan untuk pemilihan DPRD Kabupaten Pati pada Pemilu serentak 2019. KPU RI menetapkan, daerah pemilihan untuk Pemilu 2019 mendatang, sama persis daerah pemilihan (Dapil) Pemilu 2014 lalu. “Ada  lima Dapil. Terdiri dari Dapil I (eks Kawedanan Pati), Dapil II (eks Kawedanan Tayu), Dapil III (eks Kawedanan Juwana), Dapil IV (eks Kawedanan Jakenan) dan Dapil V (eks Kawedanan Kayen),” tuturnya.
Penetapan daerah pemilihan (Dapil), kata Ketua KPU Kabupaten Pati Muhammad Nasich, pihaknya sudah mengacu dari hasil uji publik dan diskusi dengan pimpinan Parpol. Salah satu pertimbangannya mengacu pada prinsip kesimbungan. Sehingga, selama tidak  ada perubahan jumlah kursi dalam tiap Dapil, atau pemekaran kecamatan, maka jumlah Dapil Pemilu 2019 sama dengan jumlah Dapil Pemilu 2014.(●)

0
0
0
s2smodern
powered by social2s