Cetak
Dilihat: 9429

Pati, Kota –  Pada Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden yang berlangsung serentak pada 17 April 2019 mendatang, Kabupaten Pati terbagi dalam lima daerah pemilihan (Dapil). Penetapan Dapil tersebut sama dengan Dapil pada Pemilu-Pemilu sebelumnya.
Penetapan Daerah Pemilihan (Dapil) di Kabupaten Pati itu, melalui uji publik dan diskusi bersama para Pimpinan Parpol. KPU Kabupaten Pati telah mensosialisasikan Dapil tersebut baik kepada tokoh-tokoh di masyarakat maupun para Pimpinan Parpol di  daerah.

Dikonfirmasi, Komisioner KPU Kabupaten Pati Devisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Imbang Setyawan mengungkapkan, meski pada saat uji publik dan diskusi sempat muncul beberapa opsi, dan kesemuanya disampaikan ke KPU RI, tapi akhirnya jumlah Dapil di Pati, ajeg. “Dari hasil uji publik itu, kita lakukan penetapan usulan kepada KPU RI terkait dengan Daerah Pemiliha (Dapil). Dari usulan itu, kemarin ada dua draft, yang pertama draft lima daerah pemilihan dan draft kedua tujuh daerah pemilihan. Kita sudah usulkan ke KPU RI melalui KPU Prov Jawa Tengah, yang mana hasilnya telah ditetapkan pada 4 April lalu ada lima daerah pemilihan,” tuturnya.
Imbang Setyawan menjelaskan,  penetapan lima daerah pemilihan tersebut, berdasarakan Keputusan KPU RI Nomor 276 tahun 2018 tentang daerah pemilihan dan alokasi kursi, yang prosesnya sudah mulai berjalan sejak November  2017. “Dapil I yang meliputi Pati, Tlogowungu, Margorejo dan Gembong dengan 10 kursi, Dapil II terdiri dari Tayu, Gunungwungkal,  Dukuhseti, Cluwak dan Margoyoso dengan alokasi 11 kursi, Dapil III mulai dari Juwana, Batangan, Wedarijaksa dan Trangkil  ada 10 kursi, kemudian Dapil IV meliputi Jaken, Jakenan, Winong serta Pucakwangi dengan 8 kursi, dan Dapil V di Kayen, Gabus Tambakromo dan Sukolilo dengan 11 kursi,” jelasnya.
Terkait dengan penetapan Daerah Pemilihan, tutur Komisioner KPU Kabupaten Pati Devisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Imbang Setyawan, berdasarkan 7 prinsip seperti yang tercantum pada Pasal 185 UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.(●)

0
0
0
s2sdefault
powered by social2s