Remaja Putri Di Pati Cegah Anemia

Pati, Kota –  Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, belum lama ini menggerakan remaja putri di daerahnya, meminum obat penambah darah untuk mencegah anemia.  Ini, sebagai upaya Pemerintah mempersiapkan usia produktif kaum perempuan menjadi lebih baik untuk lima tahun mendatang. Karena sampai sekarang masih ditemukan kematian ibu dan bayi akibat kekurangan darah.

Gerakan minum obat penambah darah bagi remaja putri tersebut, diagendakan setiap Rabu secara serentak. Pencanangan gerakan rabu minum obat itu, telah berlangsung bertepatan dengan peringatan Hari Kartini lalu.
“Pada dasarnya setiap hari Rabu harus minum tablet. Itu akan mencukupi kebutuhan zat darah bagi remaja putri yang nantinya, kita harapkan menjadi generasi yang sehat,” demikian Sekretaris DKK Pati Nurwono.
Menurut Nurwono, pihaknya sudah mensosialisasikan gerakan itu, hingga ke 29 Puskesmas dan sekolah setingkat SMA yang ada di Kabupaten Pati. Dan meminumnya memang serentak setiap seminggu sekali pada hari yang ditentukan. “Nanti dari puskesmas dan sekolah akan memberikan arahan kepada siswa bagaimana obat diperoleh dan disimpan, dan kapan harus diminum, yang jelas kita harapkan setiap hari Rabu, ini hanya sekedar untuk memudahkan saja,” tuturnya.
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Pati Nurwono mengatakan, dengan memberikan penguatan mencegah anemia bagi remaja putri, diharapkan menjadi generasi cerdas pelopor pembangunan, saat memasuki usia produktif.(●)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla