Pemkab Pati Siapkan Master Plan, Menuju Smart City

Pati, Kota – Pemerintah Kabupaten Pati kini sedang menyiapkan master plan, menju kota pintar (smart city). Diantaranya pengintegrasian seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).
Setelah meneken nota kesepakatan (MoU) smart city dengan Pemerintah Pusat, Pemkab Pati melalui dinas terkait, mulai membuat rencana induk (masterplan) program tersebut.

Menurut Bupati Haryanto, terpilihnya Kabupaten Pati menuju smart city, karena sudah memenuhi indikator yang dipersyaratkan. Mulai dari kondusifitas, kemauan, anggaran, kinerja, maupun langkah-langkah yang dilakukan selama ini. “Proses menuju smartcity, Pemkab Pati kini masih mengupayakan pengintegrasian Organisasi Perangkat Daerah (OPD), setelah itu menata komponen-komponen lainya, seperti halnya pelayanan,” katanya.
Bupati Pati mengatakan, inti dari smart city sendiri, agar pelayanan kepada masyarakat lebih mudah dan cepat. Untuk menuju ke arah itu, penyusunan masterplan smart city, harus bisa mengakomodir seluruh pelayanan yang menjadi kebutuhan masyarakat. “Nanti juga akan kita upayakan, dan tidak bisa serta merta memang. Karena daerah kita bukan Kota. Kalau kota itu, kelurahan, kecamatan itu dekat. Sedangkan kita ini, jarak antar Ibukota Kabupaten dengan kelurahan dan kecamatan berjauhan. Jadi nanti ada unggulan yang harus kita garap, namun kita harus membuat masterplan terlebih dulu,” jelasnya.
Bupati Pati Haryanto berharap, Kabupaten Pati termasuk 100 Kota/Kabupaten se Indonesia yang terpilih, untuk program smart city yang direncanakan Pemerintah Pusat.(●)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla