Ratusan Pelajar MTs Ikut Kompetisi Sains Madrasah 2018

Pati, Margorejo – Ratusan pelajar Madrasah Tsanawiyah (MTs) dari pelosok Kabupaten Pati mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2018. Kompetisi yang berlangsung sehari itu, menggunakan lima belas ruangan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pati, Sabtu pagi (12/5/2018).
Ada tiga mata pelajaran yang dilombakan pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) MTs tingkat Kabupaten Pati. Diantaranya Matematika, IPA dan IPS, yang keseluruhan soal-soalnya dari Kantor Kementerian Agama.

Koordinator KSM MTs Teguh Santoso mengatakan, untuk soal sendiri sifatnya rahasia, dan hanya Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati selaku komite tingkat Kabupaten yang mengunduh dan memperbanyak materi soal.“Dan untuk kunci jawaban akan didownload oleh Komite Kabupaten dalam hal ini Kementerian Agama, setengah jam sebelum pelaksanaan berakhir, untuk masing-masing jenjang. Sehingga tidak ada hal yang dikawatirkan, atau perlu kawatirkan peserta atau siapun kaitan soal dan kunci jawaban,” jelasnya.
Untuk menjaga kualitas kompetisi, tutur Teguh Santoso, pihaknya bersama panitia menerapkan pengawas silang saat lomba berlangsung. Termasuk tempat penyelenggaraan kompetisi yang diikuti 108 peserta lomba matematika, 106 peserta lomba IPA, dan 104 peserta lomba IPS. “Dan ini seluruhnya pendaftaran secara online. Ini diharapkan tidak ada peserta siluman. Sehingga yang mendapat juara pada saat ini langsung diketahui saat itu juga. Karena hasil koreksi kemudian diupload, sehingga nilainya kami tidak tahu dan tidak bisa mengarang-ngarang. Dan untuk penjurian, kita libatkan atau mintakan tolong tim dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati, yakni dari pengawas-pengawas pendidikan sesuai bidangnya,” jelasnya.
Prestasi seleksi KSM MTs Kabupaten Pati senantiasa ada perbaikan, bahkan tahun lalu mewakili Jawa Tengah ke tingkat nasional. Bahkan di OSN SMP tingkat Kabupaten Pati 2018, juaranya pelajar MTs Abadiyah. Penyelenggara berharap, dengan prestasi itu, tahun ini dapat menambah banyak pelajar MTs asal Kabupaten Pati yang mewakili Jawa Tengah ke tingkat nasional.(●)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla