• text untuk iklan
    Sukseskan Pilgub Jateng
  • titel 2
    Banner yang ke 2
  • judul3
    ini adlah tempat iklan 3
  • Judul iklan ke 4
    Gambar mic

Pati, Kota – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan pihaknya akan memberikan kemudahan akses bagi para penyandang difabel/disabilitas, dalam menggunakan hak konstitusinya. Selama proses pendaftaran pemilih, di Jawa Tengah terdapat puluhan ribu pemilih disabilitas dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Dari total 27juta lebih pemilih di Jawa Tengah, 60ribu lebih diantaranya merupakan pemilih dengan kebutuhan khusus atau disabilitas. Mereka pun, harus mendapatkan kemudahan akses, saat menggunakan hak konstitusinya / hak pilihnya ketika di TPS. Dan dengan pertimbangan angka disabilitas yang tinggi, KPU Provinsi Jawa Tengah menggelar Workshop Pemilu Akses Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, di Hotel Safin, Selasa (15/5/2018).
Ketua Devisi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Provinsi Jawa Tengah Dian Aryanti mengatakan, sesuai amanat Undang-Undang Pemilu, penyelenggaraan Pemilu harus memberikan kemudahan akses bagi penyandang disabilitas. “Sejak pendaftaran pemilih itu sudah ada pemetaan (mapping) atau identifikasi terhdap seluruh pemilih disabilitas di Jawa Tengah, yang dimana ada beberapa kategorisasi. Ada tuna daksa, tuna rungu, tuna ghrahita didalam proses pendaftaran pemilih kemarin. Sehingga bisa teridentifikasi pemilih disabilitas berada di TPS mana, desa mana, kecamatan mana dan Kabupaten mana?,” katanya.
Dengan adanya database atau data teridentifikasi saat pendaftarn pemilih itu, kata Dian Aryanti, akan memudahkan pemenuhan distribusi kebutuhan-kebutuhan di TPS bagi pemilih disabilitas. “Contoh, bagi yang tuna netra ada template, yang bisa digunakan kawan-kawan yang tuna netra. Kemudian semisal di TPS itu ada yang pake kursi roda, tempatnya tidak boleh berundak-undak, mejanya harus berongga dan tingginya 90 cm itu semuanya sudah ada di ketentuan. Kemudian kotak sura tingginya juga harus bagaimana pemilih-pemilih dengan kursi rodak bisa memasukan surat suara dengan mudah,” jelasnya.
Workshop Pemilu Akses tersebut, melibatkan komunitas penyandang disabilitas, siswa SMALB Bina Citra, dan awak media.(●)

Joomla templates by a4joomla