Pati, Kota – Komunitas pecinta Gusdur atau Gusdurian di Pati, akan menggelar berbagi takjil untuk muslim yang sedang dalam perjalanan. Rencananya mereka akan membagikan ribuan takjil untuk berbuka bagi umat muslim yang dalam perjalanan.
Kembali komunitas Klentheng Hok Tek Bio bersama Gusdurian Pati akan membagi-bagikan takjil untuk berbuka puasa bagi umat muslim yang dalam perjalanan. Total takjil untuk membangun kebersamaan antar umat beragama itu, sejumlah empat ribu bungkus, yang berisi kolak, dan arem-arem.

Ketua Gusdurian yang juga Ketua Umum Klentheng Hok Tek Bio Pati Eddy Siswanto mengatakan, bagi-bagi takjil untuk berbuka bagi umat muslim yang dalam perjalanan itu, merupakan kegiatan rutin yang setiap tahunnya dilakukan. “Ini merupakan kegiatan rutin Klenteng dan Gusdurian, dalam upaya menyatukan bangsa, serta membangun kerukunan umat beragama, maupun antar etnis. Sasarannya di perempatan Jago yang merupakan lalulintas dari arah Surabaya ke Semarang. Jadi tujuannya terutama saudara-saudara kita yang berpuasa dalam perjalanan menggunakan kendaraan motor, sehingga kita siapkan takjil itu,” katanya.
Eddy Siswanto menjelaskan, untuk menyiapkan kolaknya sendiri, pihaknya mendapat bantuan dari Bhayangkari Polres dan Persit Candra Kirana Kodim Pati, di dapur klentheng. Sedang untuk arem-arem, diborongkan kepada masyarakat. “Jadi bahan-bahan sudah kita siapkan, seperti 1,5 kwintal kolang-kaling, 1,5 kwintal ketela rambat, 1 kwintal ketela pohon, dan 200 sisir pisang,” jelasnya.
Pembagian empat ribu takjil itu, Komunitas Klenteng Hok Tek Bio bersama Gusdurian menggandeng Pemkab, Polres dan Kodim 0718/Pati, GP Ansor, Pemuda Kristen/Katholik, Ikatan Keluarga Kabupaten Pati (IKKP), serta sejumlah pelajar dari SMPN 5 Pati.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla