Gusdurian Ajak Anak Ponpes Halal Bihalal Sambil Belajar Sejarah

Pati – Untuk menanamkan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan nasionalisme sejak usia dini, banyak caranya. Gusdurian Pati menerapkan pembelajaran sejarah perjuangan bangsa, melalui halal bihalal dengan memilih Gedoeng Joeang ’45 di Jl Panglima Sudirman menjadi tempat penyelenggaraanya. Halal bihalal ternyata bisa dikemas untuk memberikan pembelajaran sejarah perjuangan bangsa. Contohnya, pada saat halal bihalal Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Pati, dengan ratusan anak-anak santri Ponpes Raudhatul Fallah Bremi Kecamatan Gembong, di Gedoeng Joeang Pati, Sabtu lalu (22/7).

Didampingi Dewan Penasehat KH. Hepy Irianto, Ketua Gusdurian Pati,  Eddy Siswanto mengatakan, dia sengaja pada halal bihalal tahun ini memilih Gedoeng Joeang 45, sebagai tempat penyelenggaraan. Ini, diharapkan selain melestarikan silahturahmi, juga untuk menanamkan nilai-nilai kejuangan dan cinta tanah air kepada anak-anak.
“Ini setiap tahun senantiasa kita laksanakan, hanya saja kali ini ada Gedoeng Joeang ’45. Maka anak-anak kita motivasikan sebagai pelajaran terutama cita-cita leluhur kita. Jadi kita sampaikan keberadaan Gedoeng Joeang, di tempat ini dulu tempat pahlawan kita menyusun perjuangan mereka. , tujuannya untuk menyemangati anak-anak dalam menanamkan jiwa kebangsaan, cinta tanah air,” jelasnya.
Eddy Siswanto mengatakan kegiatan yang melibatkan 380an anak-anak santri, dan para guru Ponpes Raudhatul Fallah tersebut, sudah berjalan 8 tahun. Dan disaat berhalal bihalal itu lah, tutur Eddy Siswanto, waktu yang pas
untuk memberikan anak-anak santri dengan  materi cinta tanah air, cinta bangsa dan NKRI.
“Sebagai seorang Budha, saya lihat  itu setiap manusia itu ciptaan Tuhan. Apa pun agamanya, kita ciptaan Tuhan. Jadi saya berpedoman seperti itu. Kita sebagai pemeluh agama Budha, diajarkan untuk cinta kasih. Sehingga kita sebagai ciptaan Tuhan harus cinta kasih kepada setiap manusia, apapun agamanya, apapun sukunya. Yang penting anak-anak bangsa terutama memiliki rasa bhakti kepada orang tua, agama dan bangsanya,” jelasnya.
Turut hadir dalam silahturahmi dan halal bihalal bersama ratusan santri Ponpes Raudhatul Fallah Bremi Kecamatan Gembong, Plt Sekda Pati Suharyono, Dandim 0718/Pati Letkol. Inf. Andri Amijaya Kusumah, Pengasuh Ponpes Raudhatul Fallah, KH Hepy Irianto, serta Banser NU Pati.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla