Disketapang Gelar Lomba Cipta Menu B2SA Dan Festival Pangan Lokal

Pati – Pola konsumsi pangan masyarakat sampai saat ini masih cenderung kurang beragam dari jenis pangan dan keseimbangan gizinya. Untuk itu, Dinas Ketahanan Pangan bekerjasama Tim Penggerak PKK Kabupaten Pati menyelenggarakan Lomba Cipta Menu  Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), dan Festival Pangan Lokal.

Lomba Cipta Menu B2SA dan Festival Pangan Lokal yang diikuti  perwakilan 21 kecamatan di Kabupaten Pati itu, sebagai upaya Pemerintah memotivasi masyarakat mengubah pola konsumsi. Karena selama ini beras masih mendominasi pola konsumsi pangan masyarakat, sedang konsumsi karbohidrat lainnya yang dahulu banyak dikonsumsi semakin tergeser sejalan dengan perubahan gaya hdup masyarakat.
Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kabupaten Pati, Pujo Setiyanto mengungkapkan, lomba cipta menu BS2A dan Festival Pangan Lokal tersebut untuk memasyarakatkan menu-menu pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) untuk keluarga.
“Kemudian mendorong kreativitas dan inovasi dari ibu-ibu agar bisa menyusun menu dengan baik.Untuk pesertanya ini, dari seluruh TP PKK Kecamatan di Kabupaten Pati,” terangnya.
Pujo Setiyanto berharap, dari Tim Penggerak PKK di setiap kecamatan dapat menyebarkan informasi ke desa-desa binaannya soal menu berbahan pangan lokal ini bisa dipakai untuk menu sehari-hari oleh masyarakat. Termasuk pemanfaatannya untuk kudapan.
“Nantinya itu, yang potensi bahan pangan lokal di Pati ini kan sangat melimpah  dan beragam. Sehingga nanti, itu yang dipakai, kita tidak tergantung pada satu komoditas untuk bahan pangan. Ada ketela, ada geirut, ada jagung itu yang dipakai untuk pangan lokalnya,” katanya.  
Juri Lomba Cipta menu (LCM) B2SA berbasis Sumber Daya Lokal Tahun 2017 Kabupaten Pati sebanyak 3 (tiga) orang yang terdiri dari Dinas Ketahanan Pangan, Ahli Tata Boga,  dan Tim Penggerak PKK Kabupaten  Pati.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla