Penemu Cabe Malehnong Juara Pati Innovation Award 2017

Margorejo – Temuan cabe varietas malehnong oleh Muhammad Suminto, warga Perumahan Winong Kecamatan Pati, mulai mendapat pengakuan. Pada kompetisi Pati Innovation Award 2017, hasil karya Muhammad Suminto meraih nilai tertinggi, sebagai juara pertama.
Melalui penelitian yang panjang, akhirnya cabe varietas temuan Muhammad Suminto atau Mbah Minto berbuah manis. Pasalnya temuan varietas cabe malehnong menjadi yang terbaik dari temuan-temuan lainnya, yang ikut berkompetisi di Pati Innovation Award 2017.

Usai menerima penghargaan Pati Innovation Award 2017 dari Bupati Pati Haryanto, di Gedung Pertemuan Pasar Pragola Pati, Rabu siang (26/7),  Mbah Minto mengaku, yang terpenting bukan sekedar penghargaan sebagai bentuk pengakuan atas temuannya. Tapi, lebih dari itu temuan cabe varietas malehnong bermanfaat untuk masyarakat.
“Saya tidak ambisi untuk meraih penghargaan ini. Justru saya berharap temuan ini mengakui Pemerintah Kabupaten Pati, biar nanti orang menyebutnya itu lombok Pati,” katanya.
Mbah Minto berharap Pemkab Pati merealisasi tempat untuk pengembangan  cabe Malehnong tersebut, untuk persiapan menghadapi lomba yang sama di tingkat Jawa Tengah.
Saat menyampaikan sambutannya, Bupati Pati Haryanto berharap, para pemenang lomba inovasi tetap berkarya, dengan mengembangkan pola pikir untuk menemukan hal-hal baru yang bermanfaat untuk masyarakat luas.
“Kita memang tidak punya kemampuan untuk penemuan-penemuan atau inovasi. Tapi, Pemkab Pati punya anggaran dan kewenangan untuk memberikan kemampuan kepada masyarakat kita untuk bisa berkarya,” katanya.
Muhammad Suminto merupakan 10 peserta yang terpilih dari 20 peserta yang mengikuti kompetisi tersebut. Dan penyelenggara dalam penilaian untuk penentuan pemenang lomba, melibatkan unsur dari Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag), Pengawas SMK dari BP2MK Wilayah II Pati, Kepala Lembaga Pengabdian UMK Kudus, dan LSM LP2S Kabupaten Pati.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla