15 Laporan Masyarakat Terkait Penyalahgunaan SKTM Masuk Ombudsman

Pati, Kota – Laporan dugaan penyalahgunaan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) untuk memuluskan seorang siswa masuk SMA/SMK, kini sudah banyak yang masuk ke Perwakilan Ombudsman RI Jawa Tengah. Hampir seluruh laporan yang masuk, ada sejumlah orang tua peserta didik yang mampu secara ekonomi, namun menggunakan SKTM, agar anaknya dapat diterima di sekolah tempatnya mendaftar.

Sejak membuka Pos Pengaduan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Perwakilan Ombudsman RI Jawa Tengah, banyak menerima keluhan soal seleksinya. Bukan hanya SMA/SMK saja, tapi juga di tingkat SMP, SD dan TK.
Plh Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jawa Tengah  Sabarudin Hulu mengatakan, hasil penelusurannya dari beberapa pengaduan yang diterimanya ada 15 laporan masyarakat. Sebagian besar pengaduan itu, disampaikan melalui SMS, WA, telpon dan datang langsung ke Kantor Perwakilan Ombudsmand RI Jawa Tengah. “Yakni laporan dugaan penyimpangan atau penyalahgunaan yang namanya Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Memang  di dalam Permendikbud Nomor 14 tahun 2018, memang sudah diatur di sana, bahwa peserta didik SMA-SMK wajib menerima peserta didik yang ekonominya tidak mampu. Dengan dibuktikan SKTM atau KIP yang diterbitkan dari pemerintah,” katanya.
Dari laporan yang disampaikan masyarakat, kata Sabarudin Hulu, menyebutkan ada orang tua peserta didik yang secara ekonomi mampu, namun tetap mengurus dan menggunakan SKTM agar anaknya dapat diterima di sekolah bersangkutan, saat mendaftar. Sehingga pihaknya berharap,  orang tua peserta didik supaya tidak menggunakan SKTM jika secara ekonominya mampu. “Jangan membuat SKTM, karena sanksinya akan dikeluarkan dari sekolah, apabila nanti ditemukan hasil survei yang dilakukan penyelenggara pendidikan. Dan kami juga sebagai lembaga penyelenggara negara. Nah dalam hal ini kami mencegah, supaya tidak terjadi mall administrasi,” tuturnya.
Plh Kepala Perwakilan Ombudsman Jawa Tengah Sabarudin Hulu menghimbau kepada Kades/Lurah serta Camat, agar dalam memberikan pengesahan SKTM benar-benar sesuai fakta di lapangan.(●)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla