Cetak
Dilihat: 2121

Pati – Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang ada di setiap desa harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa. Untuk itu, anggota Satlinmas mendapatkan pengetahuan serta ketrampilan melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan, penanggulangan bencana, serta ikut memilihara ketentraman dan keterbian umum.

Pemerintah Kabupaten Pati memandang perlu untuk menyiapkan dan membekali anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), sebagai ujung tombak pengamanan swakarsa di tingkat desa. Sebagai tindak lanjutnya, Bupati Haryanto, melantik 70 anggota Satlinmas inti, di Pendopo Kabupaten Pati, Kamis pagi (27/7).
Plt Kepala Dinas Satpol PP, Linmas dan Damkar Pati, Rubiyono mengatakan, selain mewujudkan peran dan fungsinya, tujuan pembentukan, pembinaan dan pemberdayaan Satlinmas juga untuk mengubah persepsi masyarakat soal menciptakan keamanan ketertiban umum, dan ketentraman menjadi tugas bersama.
“Manfaat dari pembinaan dan pemberdayaan Satlinmas untuk mendukung terwujudnya reformasi demokrasi dan program pemerintah yang tertuan dalam nawa cita, yaitu menghadirkan kembali untuk melindungi segenap bangsa, dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga negara,” jelasnya.
Dalam sambutannya Bupati Haryanto berharap, dengan pelantikan dan pengukuhan Satlinmas inti tersebut, dapat menyatukan pemahaman stakeholders dalam pembinaan, pemberdayaan, pengabdian dan perlindungan Satlinmas kepada masyarakat.
“Mudah-mudahan kedepan kita semakin solid membantu tugas-tugas pemerintah sesuai porsinya. Banyak sekali yang dapat kita kerjakan, baik itu ketertiban, pengamanan dan kegiatan-kegiatan yang sekiranya peranan kita kelihatan. Jangan hanya peran kita kelihatan pada saat orang punya hajatan,” harapnya.
Saat melantik dan mengukuhkan Satlinmas Inti, Bupati  Pati Haryanto juga mencanangkan  Gerakan Satlinmas Sahabat Anak, sebagai komitmen dalam mewujudkan Kabupaten layak anak.(•)

0
0
0
s2smodern
powered by social2s