UMKM Harus Tertib Perizinan, Untuk Gapai Pangsa Pasar

Pati, Kota – Diera sekarang ini, segala bentuk usaha yang hendak memasarkan hasil produksinya, harus dimulai dengan tertib perizinan. Demikian halnya dengan UMKM yang ada di Kabupaten Pati harus selaras dengan ajakan tersebut, bila ingin menggapai pangsa pasar yang lebih luas.

Kelengkapan dan tertib izin, menjadi pelicin pemasaran hasil produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), ke pasar yang lebih luas. Untuk itu, Pemkab Pati melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), mendorong UMKM di wilayahnya untuk tertib perizinan.
”Tertibnya UMKM melakukan perizinan ini memang bisa meningkatkan pemasaran UMKM tersebut. Sebab legalitas usaha memang sangat diperlukan. Seperti IRT, SIUP, TDP,” demikian Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pati Sugiyono melalui Kasi Pengembangan Penanaman Modal Sunarto, pada Temu Usaha Pengembangan Kemitraan Antara Usaha Menengah Besar dengan UMKM di Hotel New Merdeka, Kamis (26/7/2018)
Sunarto menjelaskan, keberhasilan pemasaran yang luas, butuh legalitas dalam hal ini perizinan. Setidaknya badan usaha perseorangan, yang memiliki pengaruh untuk ekspansi produk UMKM ke berbagai daerah. “Selain itu dalam kemitraan dengan usaha menengah besar, legalitas izin seperti IRT menjadi penting, untuk menembus pasar maupun supermarket hal tersebut harus dipenuhi,” imbuhnya.
Temu usaha yang berlangsung di New Merdeka Hotel itu, kata Kasi Pengembangan Penanaman Modal Sunarto, selain mendorong legalitas perizinan, juga menunjang pasar yang lebih luas, serta menjadikan iklim investasi di Kabupaten Pati menjadi lebih baik.(?)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla