Cetak
Dilihat: 3800

Pati, Kota –  Sejumlah desa di Kabupaten Pati, pada tahun ini akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Dalam penyelenggaraannya nanti, Pilkades serentak 2018 itu, akan mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) yang baru mendapat persetujuan Pemkab dan DPRD Kabupaten Pati.

Penyelenggaraan Pilkades serentak di sejumlah desa di Kabupaten Pati, sudah terjadwal pada 15 Desember 2018 mendatang. Penyelenggaraan tersebut, sudah diagendakan jauh-jauh sebelumnya, yang dibahas dalam rakor pembahasan pelaksanaan Pilkades di ruang rapat Pragola Setda Pati, Kamis pagi (16/11/2017) lalu. “Jadi prosesnya nanti, sebelumnya. Jadi setelah Perda ini kita buatkan Peraturan Bupati (Perbup)nya, kita sosialisasikan prosesnya, karena tidak jauh bedanya, bisa dilaksanakan. Sehingga nanti biar tidak mengganggu aktivitas pelaksanaan Pileg maupun Pilpres,” kata Bupati Pati Haryanto, usai menghadiri rapat paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Pati, Sabtu pagi (28/7/2018).
Bupati Haryanto menegaskan, dalam pelaksanaan Pilkades yang diprediksi tersebar di 55 desa itu, tidak membatasi jumlah  calon Kades yang ikut kontestasi perebutan kursi Kepala Desa. Hanya saja dalam ketentuan melarang, seorang mencalonkan diri sebagai Kades di dua desa berbeda. Menyinggung hasil evaluasi Gubernur terhadap Perda tentang Kades itu, Bupati Haryanto mengaku tidak ada hal yang signifikan. “Enggak ... hanya apa itu, tata bahasa saja. Secara prinsip tidak ada, hanya menyesuaikan soal tata bahasanya saja, agar lebih pas,” katanya.
Bupati Pati Haryanto mengatakan, untuk pelaksanakan Pilkada serentak mendatang, tidak ada e-voting dan tetap menggunakan cara manual yang selama ini berjalan. Terkecuali untuk pendaftaran bakal calon Kadesnya saja, dengan sistem online.(●)

0
0
0
s2smodern
powered by social2s