Cetak
Dilihat: 1527

Winong – Puluhan mahasiswa dan pelajar Pati, anggota Komunitas Mahasiswa Pelajar Pati (KMPP) di Semarang, melakukan bakti sosial di Kecamatan Winong. Kehadiran mereka dengan bakti sosial tersebut, untuk berkontribusi kepada masyarakat dalam budidaya jamur tiram.
Sasaran bakti sosial Komunitas Mahasiswa Pelajar Pati (KMPP) Semarang itu, ke Desa Klecoregonang Kecamatan Winong. Selama di desa tersebut para pemuda yang masih belajar di bangku kuliah ini, akan membuat ikon desa sasaran, dengan memberikan pelatihan keterampilan hidup, budidaya jamur tiram bagi warga setempat yang tersebar di tiga pedukuhan.

Koordinator KMPP Semarang, Zainul Muttaqin mengatakan, pihaknya dalam bakti sosial itu menargetkan Desa Klecoregonang akan memiliki ikon desa, dari hasil pelatihan budidaya jamur tersebut.  
“Untuk budidaya jamur tiram menggandeng pemateri dari Sidqul Wafa S.Sos.I asal Gembong, karena dia sudah terjun didunia pembudidayaan jamur. Untuk bahan jamur sudah tersedia semuanya. Dan kita sudah mempunyai slok yang pesan langsung dari pemateri yang akan diberikan kepada petani di Desa Klecoregonang. Sebagai bukti kita berkontribusi berniat ingin membuat ikon desa seperti itu,” terangnya.
Zainul Muttaqin  menambahkan, KMPP akan tetap mendampingi warga setempat setelah selesai  kegiatan pelatihan tersebut secara berkelanjutan.  Termasuk budidaya maupun pemasarannya, dengan menyiapkan tenaga, dan wadah untuk mereka beraspirasi. Sehingga warga lebih inovatif untuk menemukan hal-hal yang baru. Karena,  sebagian besar warga Desa Klecoregonang, setelah tamat sekolah baik jenjang MTs maupun SMA,  bekerja di perantauan.  Baik di luar kota (daerah), bahkan menjadi TKI ke luar negeri.
“Niatan kami, sebagaimana dalam bentuk membuat edukasi pelatihan seperti tadi, sekiranya masyarakat bisa lebih inovatif, sehingga kita buatkan wadah seperti ini sebagai peluang usaha bagi mereka, dan tidak menjadi perantauan terus,” katanya.  
Pada bakti sosial itu, tutur Koordinator KMPP Semarang, Zainul Muttaqin, pihaknya  juga akan menyelenggarakan seminar kepemudaan untuk membangkitkan semangat remaja dan pemuda Desa Klecoregonang, agar mereka tetap bersekolah atau kuliah, dengan membantunya menemukan usaha-usaha baru. Sehingga mereka bisa keluar dari zona aman, dan memberikan warna baru di desanya. Selain itu, KMPP Semarang juga telah menyiapkan 60 paket sembako untuk membantu keluarga kurang mampu di desa setempat.(•)

0
0
0
s2smodern
powered by social2s