KPU Pati Temukan Bacaleg Mantan Terpidana Kasus Korupsi

Pati, Kota – Ratusan bakal calon legislatif (Bacaleg)  yang maju untuk mengikuti Pemilihan Legislatif DPRD Kabupaten Pati, KPU masih penelitian dan verifikasi terhadap berkas administrasinya. Selama proses penelitian dan verifikasi itu, KPU menemukan satu bacaleg yang didaftarkan salah satu parpol, terindikasi mantan terpidana kasus korupsi.

Total bakal calon legislatif (Bacaleg) yang didaftarkan 16 parpol peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Pati sejumlah 643 orang. Saat berlangsung proses penelitian dan verifikasi berkas administrasi, KPU Kabupaten Pati telah mengembalikan satu berkas bacaleg yang tidak memenuhi syarat (TMS) kepada parpol pengusungnya. “Kita kemarin sudah mengembalikan ada 1 bakal calon anggota legislatif, yang setelah kita lakukan penelitian administrasi. Itu kita menyatakan tidak memenuhi syarat. Tidak memenuhi syarat itu, karena di dalamnya itu bacaleg bersangkutan itu ternyata adalah mantan terpidana kasus korupsi,” kata Komisioner KPU Kabupaten Pati Devisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Imbang Setiyawan.
Komisioner KPU Kabupaten Pati Imbang Setiyawan mengungkapkan, untuk berkas yang tidak memenuhi syarat (TMS) itu, KPU Kabupaten Pati telah memintakan parpol pengusung untuk mengganti bacaleg bersangkutan dengan bacaleg lainnya. “Kesempatan untuk mengganti itu masih ada sampai nanti 31 Juli berbarengan dengan perbaikan administrasi untuk bakal caleg untuk yang nanti Pemilu 2019,” tuturnya.
Dalam Peraturan KPU Nomor 20 tahun 2018, KPU melarang mantan terpidana kasus korupsi, bandar narkoba, dan kasus pelecehan seksual menjadi calon anggota legislatif. Meski saat ini, gugatan judicial review terhadap larangan itu masih berproses di Mahkamah Agung RI.(●)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla