KPU Akan Kembali Verifikasi Berkas Administrasi Bacaleg Hasil Verifikasi

Pati, Kota – Parpol-parpol peserta Pemilu 2019 yang telah melakukan perbaikan berkas administrasi bacalegnya, KPU akan tetap memverifikasinya kembali. Ini, untuk memastikan berkas administrasi  pendaftarannya lengkap dan benar, sebelum KPU menyusun Daftar Caleg Sementara (DCS).

KPU telah menerima perbaikan syarat bakal calon legislatif (bacaleg) dari 16 parpol peserta Pemilu 2019, dengan memberikan tanda terima perbaikan. Selanjutnya, KPU segera melakukan verifikasi kembali terhadap kelengkapan bacaleg hasil verifikasi.
“Kita akan melakukan verifikasi terhadap berkas perbaikan itu. Jadi pada 1 – 7 Agustus 2018, kita akan lakukan verifikasi (penelitian) lagi terhadap perbaikan-perbaikan yang diajukan oleh parpol,”  demikian Ketua KPU Kabupaten Pati Muhammad Nasich saat diwawancara di ruang kerjanya, Rabu siang (1/8/2018).
Muhammad Nasich menjelaskan, pada saat verifikasi atau penelitian untuk perbaikan, berkas bacaleg terbagi tiga kategori. Memenuhi syarat (MS), belum memenuhi syarat (BMS), dan tidak memenuhi syarat (TMS).  Untuk berkas bacaleg yang belum memenuhi syarat itu, parpol bisa memperbaiki atau mengganti bacaleg yang diajukan. Sedang bacaleg yang tidak memenuhi syarat, parpol harus mengganti dengan bacaleg lainnya, atau tidak mengganti sama sekali. “Terkait dengan perbaikannya, kita akan melakukan penelitian terhadap yang kemarin yang dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS). Meskipun mereka sudah menyampaikan dan secara administrasi kita lihat sudah memenuhi syarat. Tetapi, kita harus melakukan penelitian lebih detail, setelah itu baru kita akan beritahukan kepada parpol,” jelasnya.
Ketua KPU Kabupaten Pati Muhammad Nasich mengatakan, setelah verifikasi lanjutan selesai, pihaknya akan segera menyusun Daftar Caleg Sementara (DCS), pada 8 – 12 Agustus 2018.(●)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla