Perbaikan Berkas Pencalonan, Dua Bacaleg Lampirkan Syarat Tambahan

Pati, Kota – Dari ratusan bakal calon legislatif (Bacaleg) yang mendaftar ke KPU, dua diantaranya anggota DPRD Kabupaten Pati, yang mencalegkan diri dari parpol lain. Keduanya pada verifikasi perbaikan yang berakhir 31 Juli 2018 lalu, telah menyerahkan berkas tambahan  yang dipersyaratkan.

Dua anggota DPRD Kabupaten Pati, mendaftarkan diri ke KPU untuk Pilleg 2019, menggunakan atau berpindah ke partai politik lain. Keduanya yang dibacalegkan dari dua parpol yang berbeda itu, sudah memenuhi persyaratan tambahan melalui parpol pengusungnya.
“Itu berupa  surat pengunduran diri dari anggota DPRD, baik mengundurkan diri sebagai anggota parpol yang lama maupun sebagai anggota DPRD Pati dalam bentuk surat pernyataan bermaterai. Kemudian syarat tambahan berikutnya, mereka juga sudah menyerahkan tanda terima baik yang dialamatkan kepada Pimpinan DPRD Pati, maupun tanda terima pengunduran diri dari masing-masing parpol lama,” demikian Komisioner KPU Kabupaten Pati Devisi Hukum Supriyanto SH.
Supriyanto SH mengatakan, selain surat pengunduran diri sebagai anggota DPRD, dan pengunduran diri sebagai anggota maupun pengurus parpol lama, bacaleg yang pindah parpol itu juga sudah menyertakan surat keterangan (SK) pemberhentiannya sebagai anggota DPRD Kabupaten Pati itu, sedang dalam proses dari pejabat yang berwenang. “Jadi ketiga syarat tambahan tersebut untuk dua bacaleg yang mendaftar dari partai lain itu, sudah dipenuhi.Dan saat ini kita sedang meneliti kelengkapan dan keabsahan dokumen perbaikan,” terangnya.
Komisioner KPU Kabupaten Pati Devisi Hukum Supriyanto SH mengatakan, untuk memastikan syarat tambahan itu, pihaknya akan kembali melakukan penelitian, yang hasilnya akan disampaikan kembali ke parpol, untuk diumumkan dalam Daftar Caleg Sementara (DCS).(●)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla